Tuesday, March 06, 2007

Mengenal Teknik Sipil UNDIP

Mengenal Teknik Sipil Undip
Awal mula berdirinya Teknik Sipil Undip adalah awal mula berdirinya Fakultas Teknik Undip. Bermula dari obrolan kecil secara tidak sengaja antara Ir. Jacob Rais (Kepala Kantor Pendaftaran Tanah Semarang), dengan Ir. Gunawan, pada saat mobil Pak Rais mogok pada tahun 1958 ternyata melahirkan sebuah gagasan besar. Gagasan yang kemudian ditindaklanjuti oleh Ir. Jacob Rais dan Ir. Iman Subarkah, serta didukung oleh ahli-ahli bangunan di Kota Semarang seperti Prof.Ir. Soemarman, Ir. Iman Subarkah, Ir. Oei Djwee Hwie, Ir. R.Soenardi, Ir. Lie Kok Gwan, Ir. Moeljadi, dan Ir. Tjoa Tjeng Kie, adalah mendirikan sebuah Lembaga Pendidikan Tinggi Teknik Sipil di Semarang.
Pada tanggal 20 Oktober 1958, rencana tersebut diwujudkan dengan membuka Akademi Teknik dengan Jurusan Teknik Sipil di Universitas Semarang yang telah berdiri sejak tanggal 9 Januari 1957. Pada saat perayaan Dies Natalis ketiga tanggal 09 Januari 1960, Presiden Republik Indonesia Dr. Ir. Soekarno mengganti nama Universitas Semarang menjadi Universitas Diponegoro, dan Akademi Teknik ini kemudian menjadi Fakultas Teknik (15 Oktober 1960) dengan Dekan pertama Prof. Ir. Soemarman.

Teknik Sipil Undip
http://www.sipil.undip.ac.id/index.php

Fakultas Teknik Undip
http://www.ft.undip.ac.id/index.php

Universitas Diponegoro
http://www.undip.ac.id/index.php

1 Comments:

At 9:30 AM, Blogger Unknown said...

mr hardi.. i'm an college student of civil undip.. just looking for some reference for my knowledge.. but i found this blog... i hope this blog can be improved... and btw.. i look for sipil.undip.ac.id account...

i mean there is no way to be registered member...i think you have already the account.. so can you suggest the admin to fix the sites..

 

Post a Comment

<< Home